Bangun Ekosistem Wirausaha, BKA Untag Surabaya Adakan Business Matching Program Mahasiswa Wirausaha

  Rabu, 24 Mei 2023 - 13:42:26 WIB   -     Dibaca: 1 kali

Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BKA) Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya menyelenggarakan Business Matching Program Mahasiswa Wirausaha Tahun 2023. Kegiatan berlangsung di Auditorium Gedung Pusat Yayasan dan Rektorat lantai enam pada senin, (15/5).

“Tidak hanya pertumbuhan ilmu pengetahuan saja yang menjadi tolak ukuran akreditasi perguruan tinggi. Namun kontribusinya di bidang ilmu praktek, dimana salah satunya adalah inovasi-inovasi mahasiswa dengan penciptaan produk kewirausahaan yang unggul,” Diungkapkan langsung dalam pembukaan kegiatan tersebut oleh Wakil Rektor I Untag Surabaya – Harjo Seputro, S.T., M.T.

Selain itu, pada kesempatan yang sama, Harjo juga berharap agar produk-produk kewirausahaan mahasiswa dapat memiliki daya saing. “Tetap semangat talenta muda. Harapan kami produk kewirausahaan mahasiswa ini bisa berdaya saing, sebab kalian lah salah satu bagian dari penjaga negeri ini masih ada,” ungkapnya penuh semangat.

Dalam kegiatan ini, menariknya terdapat 15 Tim Program Mahasiswa Wirausaha Untag Surabaya melakukan presentasi produk unggulan mereka. Berbagai produk inovatif diperkenalkan, diantaranya ada Produk kesehatan seperti Es tebu dan lidah buaya, Jamu agar-agar, Teh Eceng Gondok, Wedang Uwuh. Ada juga produk kosmetik seperti Scrub bunga telang, Soca Eye Protection Mask, Deotas Spray dan produk lainnya yaitu Scrap Paper, Ballpoint sedotan, Re-Muffa, Platform Grow Campus, Bonsai Nucifera, Jerum Gel, Lampura yang semuanya mengusung produk berbasis ramah lingkungan.

Kegiatan kemudian beranjak dengan Focus Group Discussion (FGD) yang dihadiri oleh para Narasumber yang kompeten di bidangnya. Narasumber pertama oleh Kepala Biro BKA Untag Surabaya – Andik Eka Pratama, S.Kom. yang membahas terkait pembinaan kewirausahaan di Untag Surabaya. “Banyak sekali kegiatan yang dapat diikuti oleh mahasiswa salah satunya ada Akselerasi Startup Mahasiswa Indonesia hingga Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan. Kami tunjang Mahasiswa dengan berbagai kegiatan kampus seperti pada siang hari ini,” paparnya.

Sementara itu, Current Advisor Coworking Space Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur - Kartika Sari, S.Sos. juga menjadi Narasumber kedua yang menerangkan program-program pemerintah Provinsi terhadap pertumbuhan UMKM di Jawa Timur. “Untuk mendukung laju UMKM terutama etos kerja Generasi Milenial, Pemerintah Provinsi memberikan Milenial Job Center sebagai wadah yang mempertemukan klien dan talenta untuk mengerjakan suatu proyek tertentu,” ungkap Kartika.

Tak kalah pentingnya, Narasumber ketiga diisi dari Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Surabaya - Ulvia Zulvia, S.T. yang memaparkan prosedur pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB). “Saat ini mengurus izin berusaha dapat dilakukan secara online melalui Single Submission atau Single Window Alfa,” jelasnya. Ulvia juga mengajak mahasiswa untuk segera bisa mengurus NIB tanpa dipungut biaya dan memenuhi persyaratan yang utama cukup menyiapkan KTP dan NPWP.(ms/rz)

Sumber : https://untag-sby.ac.id/web/beritadetail/bangun-ekosistem-wirausaha-bka-untag-surabaya-adakan-business-matching-program-mahasiswa-wirausaha.html