Untag Surabaya Terus Bersiap Menyambut Fakultas Kedokteran

  Selasa, 06 Juni 2023 - 15:33:42 WIB   -     Dibaca: 1 kali

Fakultas Kedokteran Universitas 17 Agustus 1945 (FK Untag) Surabaya melakukan Perjanjian Kerjasama bersama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Jombang dan RSUD Haji Provinsi Jawa Timur (Jatim) tentang penyelenggaraan pendidikan klinik, di Gedung pusat Yayasan dan Rektorat lantai dua, (30/5).

Salah satu syarat untuk mendirikan fakultas kedokteran yakni harus memiliki mitra rumah sakit. RSUD Kabupaten Jombang merupakan rumah sakit tipe B pendidikan, yang dalam hal ini menjadi Rumah Sakit Pendidikan Utama bagi FK Untag Surabaya. 

Sedangkan RSUD Haji Provinsi Jatim adalah Rumah Sakit Pendidikan Kelas B dalam perjanjian ini merupakan Rumah Sakit Jejaring Rumah Sakit Pendidikan dengan FK Untag Surabaya dan RSUD Kabupaten Jombang. “Rumah sakit pendidikan yang mempunyai fungsi sebagai tempat pendidikan, penelitian, dan pelayanan. Untag Surabaya sudah bermitra dengan RSUD Haji seblumnya, dan saat ini sepakat memperpanjang kerja sama untuk mengelola organisasi dan tata kelola klinis yang efektif, efisien dan akuntabel,” jelas Rektor Untag Surabaya – Prof. Dr. Mulyanto Nugroho, M.M., CMA., CPA. yang di dampingi oleh Dekan FK Kedokteran Untag Surabaya – dr. Poerwadi, Sp.B., SpBA., Sub.Sp.Dig.A (K).

Prof. Nugroho menjelaskan, rumah sakit pendidikan memiliki kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, pendidikan tenaga medis, penelitian medis, dan kesehatan masyarakat secara keseluruhan. “Mahasiswa Fakultas Kedokteran Untag Surabaya yang nantinya akan berinteraksi dengan pasien, mengamati, belajar tentang medis dan berpartisipasi dalam perawatan pasien tentunya di bawah supervisi tim medis yang berpengalaman,” katanya.

Prof. Nugroho menambahkan, dengan adanya kerja sama ini diharapkan bisa melengkapi persyaratan dan proses izin dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) agar Untag Surabaya dapat membuka pendaftaran mahasiswa baru fakultas kedokteran pada tahun 2023 ini. “Kesiapan fisik sudah semakin siap dan terlanjur siap, inilah yang diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang siap secara klinis dan memiliki keterampilan yang diperlukan dalam praktek medis dengan jiwa patriotik,” pungkasnya diwawancara.

Sementara itu, Direktur RSUD Kabupaten Jombang – Dr. dr. Ma’murotus Sa’diyah, M.Kes mengaku kesiapannya untuk mendukung pembelajaran di FK Untag Surabaya. Hal senada juga dikatakan oleh Wakil Direktur RSUD Haji Provinsi Jatim – Dr. drg. Ansarul Fahrudda. “Kami terkesan dengan tujuan program studi kedokteran Untag Surabaya yang ingin menghasilkan dokter yang berkompeten berjiwa nasionalis patriotik menjunjung tinggi nilai dan karakter Bangsa Indonesia. Maka dari itu kami siap mendukung penyelenggaraan pendidikan klinik di rumah sakit,” terang Dr. dr. Ma’murotus. (rz/kr)

sumber : https://untag-sby.ac.id/web/beritadetail/untag-surabaya-terus-bersiap-menyambut-fakultas-kedokteran-.html